Migrasi dan Upgrade OJS UIN Raden Mas Said

Alhamdulillah, proses migrasi dan upgrade OJS UIN Raden Mas Said Surakarta berjalan dengan mulus. Disebut migrasi karena URLnya berubah dari ejournal.iainsurakarta.ac.id menjadi ejournal.uinsaid.ac.id. Selain itu juga terjadi perubahan konfigurasi server. Sebelumnya menggunakan ubuntu 20, apache, php5.6, mysql dan webuzo panel. Lalu saat ini menggunakan centos 7, OpenLiteSpeed, mariadb, php7.4 dan CyberPanel.

Proses upgrade berjalan lancar, total besaran database yang diupgrade sekitar 750MB, setelah proses upgrade selesai menjadi 1,1GB. Besaran data artikel yang diupgrade sekitar 9,5GB. Total waktu yang diperlukan untuk proses upgrade ini sekitar 4 jam.

Tahapan upgradenya :
1. Backup DB dan Folder Data OJS
2. Upgrade OJS 2.4.8-5 ke OJS 3.2.1-4 (2 jam proses)
3. Upgrade OJS 3.2.1-4 ke OJS 3.3.0-8 (30 menit proses)

Kendala yang dihadapi terjadi failure process pada upgrade OJS 3.2.1-4 ke 3.3.0-8 karena mysql tidak dapat menset foreign key pada tabel submission_file karena storage engine pada tabel tersebut menggunakan MYISAM. Solusinya ubah storage engine menjadi INNODB.

Setelah proses upgrade selesai dilanjutkan dengan pengaturan plugin (termasuk theme untuk tampilan jurnal). Saat ini ejournal dapat diakses di https://ejournal.uinsaid.ac.id/

Author: anwardani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *