Upgrade OJS unismuh Palu

Salah seorang rekan pengelola jurnal dari UNISMUH Palu mengontak saya untuk membantu migrasi dari OJS 2 ke OJS 3. Pertama saya cek versi OJS 2nya, ternyata cukup baru. Versi 2.4.8-2. Tidak cukup tua, namun sudah lumayan ketinggalan karena versi terakhir OJS 2 adalah 2.4.8-5. Konsekwensinya pasti ada beberapa bagian yang belum update dari sisi skema databasenya sehingga kemungkinan untuk upgrade ke OJS 3 versi terbaru sangat riskan.

Berbekal akses cpanel yang diberikan saya melakukan proses migrasi dengan langkah sebagai berikut :

  1. Backup database
  2. Backup folder OJS lama (jaga-jaga jika ada error)
  3. Backup folder data OJS
  4. Unggah file sistem OJS.
  5. Mengganti semua isi folder OJS 2 dengan OJS 3 kecuali folder cache dan public
  6. Mengedit file config.inc.php agar sesuai
  7. Menjalankan setup dan proses upgrade
  8. Done

Apakah semulus itu? tidak. Itu tahapan yang saya lakukan, tetapi ada beberapa tahapan yang harus dilakukan berulang-ulang untuk menemukan setingan dan versi OJS 3 yang pas. Awalnya saya menggunakan OJS 3.2, namun error dan tidak selesai. Karena tidak memiliki akses ke shell script untuk menjalankan upgrade via shell maka upgrade hanya mengandalkan tool via web dan tidak enaknya kadang kita tidak dapat mengetahui di bagian mana tahapan upgrade yang gagal serta apa penyebab errornya. Karena tidak jelas apa penyebab errornya maka saya coba mengganti dengan versi di bawahnya, 3.1.2-4 dan berhasil. Alhamdulillah, tidak ada data yang hilang, semua pdf fulltext dan bukti review terbawa lengkap ke versi 3.1.2-4.

Selain mengupgrade versi OJS, saya juga mengcustom tampilan salah satu jurnalnya. Tepatnya MPPKI (Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia)The Indonesian Journal of Health Promotion. Hasilnya dapat dilihat pada URL berikut : https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/MPPKI/index

Author: anwardani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *