Fix Error Export DOI

Beberapa waktu lalu saya dikontak pengelola jurnal tentang masalah error saat akan mengexport file xml untuk registrasi DOI. Saat menu manage DOI di klik hanya muncul pesan error :
PHP Fatal error: Call to a member function getPublished() in /plugins/importexport/datacite/classes/DOIExportPlugin.inc.php on line 552

Awalnya saya mengira error ini disebabkan oleh masalah di plugin datacite tetapi dari informasi di forum PKP ternyata kesalahan lebih pada datanya bukan pluginnya. Oleh karena itu saya mencoba mengikuti petunjuk yang diberikan namun tetap tidak ditemukan masalahnya.

Saya kemudian mencoba menganalisis sendiri dengan membandingkan jumlah artikel di tabel articles dengan data di table published_articles, ternyata muncul kejanggalan. Jumlah artikel dengan status published di tabel articles sebanyak 175 record, sementara jumlah record di tabel published_articles sebanyak 195 record. Ada selisih 20 record antara kedua tabel, padahal seharusnya keduanya singkron karena data di table published_articles diupdate berdasarkan jumlah artikel dengan status published di tabel articles. Dari ini mulai kelihatan pangkal masalahnya, oleh karena itu saya mencoba memfilter artikel mana saja yang menyebabkan masalah tersebut, akhirnya ketemu 20 record bermasalah tersebut. Dari record tersebut terlihat bahwa 20 record yang bermasalah tersebut memiliki ID issue yang sama, ID nya 15. Padahal saat dicek di tabel issues, issue dengan ID 15 tidak ditemukan. Kemungkinan besar ini terjadi karena editor pernah membuat sebuah issue namun keliru, ketika akan menghapus issue tersebut artikel yang didaftarkan pada issue tersebut tidak keluarkan terlebih dahulu sehingga memunculkan record ganda sebanyak 20 record. Hal inilah yang menyebabkan error pada saat mengakses halaman export DOI. Setelah ke 20 record tersebut dihapus, laman export DOI tampil dengan normal dan proses export DOI sukses dilakukan.

Informasi tambahan :
versi OJS : 2.4.8.5

Author: anwardani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *